Algoritman adalah urutan langkah
logis tertentu untuk memecah suatu masalah. Yang di tekankan adalah urutan
langkah logis. Yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tententu.
Tidak boleh melompat – lompat.
Alur pemikiran dalam menyelesaikan
suatu pekerjaan dengan tertulis.
Contoh Algoritma dalam kehidupan
nyata :
Jika seseorang ingin memasak atau membuat kue. Baik itu
melihat resep ataupun tidak pasti akan melakukan suatu langkah – langkah
tertentu sehingga masakannya atau kuenya jadi.
Kriteria menurut Donal
E. Knuth
1.
Input : Algoritman dapat memiliki nol
atau lebih inputan dari luar
2.
Output
: harus memiliki min satu buat
output luar
3.
Definiteness : Memiliki instruksi” yang jelas
4.
Finiteness : harus memiliki titik berhenti
5.
Effectiveness
: sebisa mungking harus dapat
dilaksanakan dengan efektif
BAHASA PEMOGRAMAN / PEMOGRAMAN
Digunakan sebagai sarana komunikasi untuk menjembatani
hubungan antara manusia dan komputer :
Faktor” yang harus di perhatikan :
Ø Sintaksis ( tata bahasa yang di gunakan )
Ø Semantik ( maksud yang dikandung dalam setiap pertanyaan )
Ø Kebenaran Logika ( benar atau tidaknya urutan pernyataan )
Pengelompokan bahasa pemograman :
v Tingkat Rendah biasanyas sulit
dipahami karena berhubungan degan mesin komputer itu sendiri atau biasa disebut sebagai bahasa
mesin.
v Tingkat Tinggi memakai kata – kata
dan peyataan mudah dimengerti manusia.
Keterangan – keterangan yang diperlukan dalam penyusunan
program komputer :
1.
Data
apa yang akan diproses/tersedia = menentukan tipe data yang diperlukan
2.
Bagaimana
data dimasukan = menetukan jenis instruksi masukan yang akan digunakan
3.
Dimana
data diletakan = menentukan variabel - variabel
4.
Operator
apa saja yang dapat digunakan = menentukan operator - operator
5.
Bagaimana
urutan instruksi disusun = menentukan jenis proses
6.
Bagaimana
menyampaikan informasi hasil pengolahan = menentukan jenis instruksi keluaran
yang akan di gunakan
Kriteria program komputer yang baik :
1.
Terintegrasi
dan memiliki logika yang jelas.
2.
Efisien
terhadap waktu dan penggunaan memori.
3.
Menerapkan
prinsip modularitas.
4.
Memiliki
keluwesan dalam penggunaan Kesederhadaan
ARTI PENTING ALGORITMAN
Fase penyelesaian masalah
1.
Menganalisa dan memahami suatu permasalahan
2.
Merancangn algoritman yang merupakan pola
pikir terstruktur
Fase implementasi
3.
Membuat program komputer yaitu mengubah kode
dari algoritma
4.
Menjalankan program secara rutin untuk
menemukan kesalahan
5.
Melakukan dokumentasi terhadap setiap langkah
yang dilakukan
Kriteria yang harus dipenuhi
oleh prosedur penyelesaian masalah dengan algoritma :
§ Setiap
langkah harus bersifat pasti
§ Terdapat
setidaknya 1 output
§ Terstruktur
dan sistematis
§ Memiliki
kriteria untuk menghentikan proses
Syarat-syarat yang harus
dipenuhi oleh sesuatu algoritma
1) Logika
prosedur pada lagoritma harus cukup mudah dipahami nalar manusia
2) Validitas
prosuder pada algoritma dapat ditelusuri dengan mudah
3) Tidak
menimbulkan kerancuan iterprestasi bagi orang lain
4) Prosedur
pada algoritma harus cukup mudah dikonversi ke program komputer
5) Prosedur
pada algoritma tidak terpengaruh atau tergantung pada bahasa pemograman apa
pun.
NOTASI ALGORITMA
Notasi
algoritma bukan merupakan notasi bahasa pemograman,namun notasi ini dapat
diterjemahkan kedalam bahasa sederhana.
Deskripsi
·
Masukan jari-jari lingkaran (r)
·
Hitung luas lingkaran dengan rumus L= n*r2
·
Hitung keliling lingkaran dengan rumus K=2*n*r
Hitung keliling lingkaran dengan rumus K=2*n*r
·
Tampilkan luas lingkaran
·
Tampilkan keliling lingkaran
Tampilkan keliling lingkaran
Notasi algoritma Pseudocode
Notasinya yang menyerupai notasi bahasa pemograman. Khusus
bahasa Pascal dan C
Contoh : Menghitung Luas dan keliling suatu lingkaran
{ Dimasukin nilai jari-jari lingkaran (r). Hitung &
Cetak luas & keliling lingkaran dengan rumus L=phi*r*r dan K=2*phi*r }
Deklarasi
Const phi = 3.14r. L K = Real
Diskripsi
L ß
phi*r*r
K ß
2*phi*r
Write(*Luas lingkaran + `,L)
Writer (`Keliling Lingkaran `,K)
Contoh Soal
Buatlah algoritma untuk menentukan nilai A,B,C,D,E
A : 80-100
B : 70-79
C : 55-69
D : 40-54
E : 0-39
JAWAB
1.
Masukan nilai angka (nilai_angka)
2.
Jika nilai angka >=80 maka nilai huruf = A,
Jika tidak
Jika nilai angka>=70 maka nilai huruf =
B, Jika tidak
Jika nilai angka >=55 maka nilai huruf =
C, Jika tidak
Jika nilai angka>=40 maka nilai huruf =
D, Jika tidak
Nilai Huruf = E
3.
Cetak nilai huruf
4.
Selesai
Read(nilai_angka)
If nilai_angka>=80 then nilai_huruf=A else
If nilai_angka>=70 then nilai_huruf=B else
If nilai_angka>=55 then nilai_huruf=C else
If nilai_angka>=40 then nilai_huruf=D else
Nilai =E
Write(nilai_huruf)
Minggu, Oktober 02, 2016
//
Label:
Definisi
//
0
komentar
//
0 komentar to "DEFINISI ALGORITMA"
Posting Komentar